Skripsi
Pengaruh Harga Diri Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 04 Bumijawa Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pengaruh Harga Diri Terhadap Interaksi Sosial.
Jenis Penelitian ini adalah korelasi dengan maksud untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara harga diri dengan interaksi sosial peserta didik kelas VIII pada sekolah di SMP Negeri 04 Bumijawa Kabupaten Tegal dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak 75. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka peneliti menggunakan tekhnik studi populasi yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 75.
Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara harga diri dengan interaksi social peserta didik kelas VIII pada sekolah di SMP Negeri 04 Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok dan metode bantu. Yaitu metode pokok menggunakan metode dokumentasi, sedangkan metode bantu menggunakan metode angket dan metode skala sikap. Alat pengumpulan data dengan skala harga diri dan skala interaksi sosial, yang kemudian diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji coba instrumen harga diri 25 butir soal dan instrumen interaksi sosial 25 butir soal semua butir soal dinyatakan valid. Reliabilitas harga diri 1,0413 dan interaksi social 1,0414 keduanya masuk kategiri tinggi.
Metode analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment dari peasonyang menghitungnya dengan angka kasar apa adanya.
Hasil penelitian dengan prosentase menunjukan tingkat harga diri baik yaitu 82,4% dan interaksi sosial baik yaitu 81,6%. Uji dengan korelasi product moment r hitung 0,350 konsultasi r tabel N = 75 5% = 0,296 dan 1% = 0,296 dengan demikian r hitung > r table sehingga hipotesis diterima. Artinya adanya pengaruh yang signifikan antara harga diri dengan interaksi sosial peserta didik kelas VIII pada sekolah di SMP Negeri 04 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran : Hendaknya guru pembimbing dapat meningkatkan layanan sehingga meningkatkan harga diri peserta didik yang diikuti meningkatkan interaksi sosial. Pihak sekolah bersama peserta didik meningkatkan kegiatan sekolah yang positif.
1109501359 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain