Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN SIKAP SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci : Kemampuan Awal, Sikap, Prestasi Belajar
Belajar pada dasarnya merupakan proses perubahan tingkah laku seseorang dengan lingkungan sekitar untuk memperoleh pengetahuan, dari tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa sehingga dapat merubah tingkah laku menjadi yang lebih baik. Sikap juga sangat penting guna mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika, (2) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap siswa pada pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan sikap siswa pada pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 236 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 170 siswa yang diperoleh dari kelas VII A, VIIB, VII C, VII E dan VIIG. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang diperoleh dari data angket sikap siswa pada pelajaran matematika, metode dokumentasi diperoleh dari data siswa dan nilai ujian akhir semester 1 dan nilai ujian akhir semester 2 mata pelajaran matematika. Variabel dalam penelitian ini meliputi kemampuan awal, sikap siswa pada pelajaran matematika dan prestasi belajar matematika. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik analisis koefisien korelasi dan regresi. Sebelumnya data dianalisis diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa H0 ditolak sehingga, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika, (2) ada hubungan yang signifikan antara sikap siswa pada pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, (3) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan sikap siswa pada pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal dan sikap siswa pada pelajaran matematika mempunyai andil dalam meningkatkan prestasi belajar. Untuk itu siswa diharapkan dapat memiliki sikap yang positif pada pelajaran matematika agar dapat menghasilkan prestasi belajar yang baik.
1707501112 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain