Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Visual terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Aljabar (Studi Penelitian pada Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Prestasi belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual terhadap prestasi belajar matematika materi pokok Aljabar pada peserta didik kelas VII semester Ganjil SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 9 kelas sebanyak 282 peserta didik. Sedangkan untuk sampelnya diambil sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti yaitu kelas VII E dan kelas VII H sebagai kelas Eksperimen, kelas VII F dan kelas VII I sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas uji coba. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelompok (kelas) secara acak dari semua kelas dalam populasi.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum dilaksanakan eksperimen kedua kelompok dianalisis terlebih dahulu. Analisis yang dilakukan adalah analisis data awal, data awal diperoleh dari nilai ulangan tengah semester matematika kelas VII semester ganjil. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis awal yaitu uji normalitas, uji varians, uji-t. Setelah eksperimen dilakukan data akhir yang diperoleh dianalisis yaitu analisis akhir yang menggunakan uji-t tes.
Hasil penelitian adalah ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran matematika yang menggunakan Creative Problem Solving dengan media visual dengan pengajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagaimana telah diuji dengan uji-t yang menghasilkan t’hitung = 3,596 pada taraf nyata 5% diperoleh ttabel = 1,645 dengan demikian thitung > ttabel berarti Ha diterima.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual efektif terhadap prestasi belajar matematika materi pokok Aljabar pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
1708501356 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain