Skripsi
Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Peserta Didik Kelas XI SMK N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi dan Kemampuan Komunikasi Sosial
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana bimbingan pribadi?, kemampuan komunikasi sosial, Apakah Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Peserta Didik kelas XI SMK N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuannya adalah untuk mengetahui bimbingan pribadi?, kemampuan komunikasi sosial, Apakah Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Peserta Didik kelas XI SMK N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi berjumlah 200 peserta didik, sampel sejumlah 40 peserta didik, teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi dan dilakukan dengan menggunakan undian. Data dikumpulkan menggunakan alat berupa angket Teknik analisis data menggunakan product moment, dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan perolehan korelasi sebesar 0,841 sedang harga r tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar 0,312 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel (0,841 > 0,312), juga terhadap taraf signifikan 1% serta taraf signifikan 1% sebesar 0,403 sehingga diketahui harga rhitung > rtabel ( 0,501 › 0,413). Besarnya sumbangan atau kontribusi bimbingan pribadi terhadap kemampuan komunikasi sosial pada peserta didik XI SMK N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah r xy 0,841 x 100 % = 84,1% sedangkan sisanya sebesar 15,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Bimbingan Pribadi Terhadap Kemampuan Komunikasi Sosial Pada Peserta Didik kelas XI SMK N 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran kepala sekolah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam bimbingan pribadi. Bagi guru mata pelajaran hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK supaya memberikan layanan bimbingan pribadi dapat menangani kemampuan komunikasi sosial. Bagi peserta didik yang menjadi responden dalam penelitian ini dapat dijadikan indikator dalam kemampuan komunikasi sosial. Bagi masyarakat dengan adanya bimbingan pribadi dapat membantu peserta didik dalam kemampuan komunikasi sosial
1108500900 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain