Skripsi
Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Bakthi Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar
Permasalahan yang dijumpai dalam penelitian adalah pelayanan bimbingan belajar yang kurang efektif, sehingga prestasi belajar peserta didik kelas X menurun. Hal ini disebabkan karena pada awal sekolah, mereka kerap menghadapi kesulitan menyesuaikan diri dengan pelajaran, para guru, tata tertib sekolah, lingkungan sekolah dan sebagainya. Dalam proses menjalani program disekolah peserta didik tidak jarang menghadapi kesulitan berupa keraguan memilih bidang studi yang sesuai, memilih mata pelajaran yang cocok. Pada tahun-tahun terakhir mereka dalam suatu sekolah sering kali menghadapi kesulitan-kesulitan berupa konflik dalam pilihan sekolah lanjutan.
Tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui identifikasi rumusan masalah Bimbingan Belajar terhadap Prestasi siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Bimbingan Belajar terhadap prestasi siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk mengetahui tingkat bimbingan belajar siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jumlah populasi peserta didik kelas X yaitu 367 peserta didik. Untuk sampel penelitian menetapkan 10% dari 367 peserta didik, diperoleh 40 peserta didik dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpula data menggunakan metode angket sebagai metode utama, dan wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dan pearson product moment. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket yang dilakukan oleh peneliti kepada responden. Dan sebelumnya angket di uji cobakan pada peserta didik kelas X SMK NU 01 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan hasil seluruh item adalah valid dan reliable.
Dari hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMK Bakti Praja Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,956, rtable = 0,407 dengan taraf signifikan 1% menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.956 > 0.407.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) disekolah hendaknya dapat mengetahui pengaruh bimbingan belajar dari peserta didik dengan seefektif mungkin supaya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan bagi peserta didik dapat mengembangkan atau mencari sumber ilmu pengetahuan dari luar sekolah dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang semakin modern.
1108501134 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain