Skripsi
Manfaat Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Oleh Guru Di SD IT Nurul Hidayah Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Manajemen Berbasis Sekolah merupakan satu bentuk agenda reformasi pendidikan di Indonesia yang menjadi sebuah kebutuhan untuk memberdayakan peranan sekolah dan masyarakat dalam mendukung pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Secara esensial Manajemen Berbasis Sekolah menawarkan diskursus ketika sekolah tampil secara relatif otonom, dengan tidak mereduksi peran pemerintah, terutama dalam bidang pendanaan.
Hal tersebut tentunya akan berakibat pada mutu pendidikan. Apabila mutu pendidikan hendak diperbaiki, maka perlu ada pimpinan dari para profesional pendidikan. Manajemen mutu merupakan sarana yang memungkinkan para profesional pendidikan dapat beradaptasi dengan kekuatan perubahan yang akan bermuara pada sistem pendidikan bangsa kita.
Mengacu pada permasalahan diatas, maka rumusan permasalahanya adalah seberapa besar manfaat penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap upaya guru dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran di SD IT Nurul Hidayah Brebes. Dan tujuanya adalah untuk memberdayakan sekolah, terutama sumber daya manusianya (kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat sekitarnya), melalui pemberian kewenangan, fleksibilitas, dan sumber daya lain untuk memecahkan persoalan yang dihadapi oleh sekolah yang bersangkutan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah survey dan penelitian deskriptif korelasional yaitu dengan menjelaskan dan menjabarkan berbagai teori yang diperlukan dalam penjabaran fakta-fakta yang ditemukan. Selain itu, penulis juga menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian dengan menggunakan perhitungan statistik untuk mengungkapkan adanya hubungan antara manfaat MBS dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran oleh guru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar manfaat penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Nurul Hidayah termasuk dalam kategori sedang, begitu pula dengan peningkatan mutu pendidikan di SD IT Nurul Hidayah termasuk dalam kategori sedang juga.
Dari hasil penelitian tersebut disarankan bahwa harus adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan dewan guru dalam rangka meningkatkan kualitas guru dalam proses belajar mengajar demi prestasi yang baik untuk para siswanya.
1307500389 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain