Skripsi
Peran Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Menumbuhkan Sikap Sosial Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dan Sikap Sosial
Sikap sosial peserta didik harus diselaraskan dan diarahkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi kebiasaan yang baik, untuk itu diperlukan layanan bimbingan kelompok yang tepat dan benar, sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Rumusan Masalah bagaimanakan peran layanan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan sikap sosial terhadap peserta didik .
Adapun tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui seberapa besar peran layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan sikap sosial bagi peserta didik SMA Al- Irsyad Tegal Tahun Pelajaaran 2011/2012.
Populasi adalah peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Tegal sejumlah 126 peserta didik, dan sampel sejumlah 25 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, wawancara, dan observasi serta dokumentasi.
Analisis perbedaan dengan analisis deskripstif prosentase dan analisis t-test untuk mengetahui tingkat sikap sosial peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan sosial adalah sebagai berikut terdapat 1 peserta didik atau (4%) yang memiliki sikap sosial cukup, terdapat 10 peserta didik atau (40%) yang memiliki sikap sosial sedang ,terdapat 11 peserta didik atau (44%) yang memiliki sikap sosial tinggi, terdapat 3 peserta didik atau (12%) yang memiliki tingkat sikap sosial sangat tinggi. Sedangkan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok terdapat peningkatan pengembangan sikap sosial peserta didik seperti berikut : terdapat 4 peserta didik atau (16%) yang memiliki tingkat sikap sosial sedang ,terdapat 12 peserta didik atau (48%) yang memiliki tingkat sikap sosial tinggi, terdapat 9 peserta didik atau (36%) yang memiliki tingkat sikap sosial sangat tinggi.
Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-test, hasil perhitungan data tersebut thitung diperoleh thitung sebesar 10,156. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan derajat kebebasan N-1 atau 25-1= 24, dimana diperoleh ttabel = 2.064. Ternyata perolehan thitung = 10,156 > ttabel = 2,064 yang berarti hipotesis dalam peneltian ini diterima, bahwa terdapat peran layanan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan sikap sosial peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran layanan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan sikap sosial terhadap peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Tegal.
1108500898 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain