Skripsi
Studi Korelasi Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X Semester I SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Korelasi Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X Semester I SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X Semester I SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang sebanyak 254 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling diambil sebanyak 38 siswa.
Data Kedisiplinan Belajar diperoleh melalui angket, sedangkan prestasi belajar Ekonomi diperoleh melalui dokumentasi nilai semester. Teknik analisis yang digunakan adalah Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara Kedisiplinan Belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi dengan koefisien korelasi 0,794. Taraf signifikansi sebesar 95% (atau ) maka diperoleh r = 0,320. Ternyata z = 2,081 > z = 2,028.
Dengan hasil tersebut maka terdapat korelasi antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang positif. Artinya semakin tinggi kedisiplinan belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya dalam mata pelajaran ekonomi,
1308500532 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain