Skripsi
Hubungan Bimbingan Pribadi dengan Pembentukan Etika Perilaku Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi dan Etika Perilaku
Permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana bimbingan pribadi,bagaimana etika perilaku peserta didik, apakah ada hubungan bimbingan pribadi dengan pembentukan etika perilaku peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Bimbingan Pribadi, Etika Perilaku, ada tidaknya hubungan bimbingan pribadi dengan pembentukan etika perilaku peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sebagai populasi peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 140 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 35 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah bimbingan pribadi (variabel bebas) dan etika perilaku (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,602 jika dibanding dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 35 diperoleh harga rtabel sebesar 0,334 maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada hubungan bimbingan pribadi dengan pembentukan etika perilaku peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menolak hipotesis nol (Ho) yang mengemukakan “tidak ada hubungan bimbingan pribadi dengan pembentukan etika perilaku peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 “.dan menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “ada hubungan bimbingan pribadi dengan pembentukan etika perilaku peserta didik kelas XI SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 “.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah meningkatkan pelaksanaan bimbingan pribadi dalam membentuk etika perilaku peserta didik. Karena etika perilaku erat kaitannya dengan pembentukan karakter peserta didik. Sehingga diharapkan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi untuk dapat lebih diperhatikan lagi.
1106500387 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain