Skripsi
Keefektifan Penggunaan Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Metode Belajar SQ3R, Minat dan Prestasi Belajar, Materi Pokok (Segitiga).
Berkaitan dengan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Al-Irsyad maka peneliti menerapkan Metode belajar SQ3R yaitu untuk meningkatkan kinerja memori dalam memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara metode belajar SQ3R dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII semester 2 SMP Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok segitiga.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Al-Irsyad yang terdiri atas 4 kelas yang jumlahnya 108 peserta didik. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas uji coba, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang jumlahnya ada 81 peserta didik. Teknik dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dan teknik dokumentasi. Dalam teknik pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi dan teknik tes, teknik dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan data nama peserta didik dan teknik tes bertujuan untuk memperoleh hasil peserta didik setelah diberikan pembelajaran, sedangkan teknik analisis data terdapat uji prasyarat dan uji hipotesis. Analisis data diawali dengan uji Liliefors dan uji Chi Square. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Manova.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) lebih efektif dibanding dengan pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika pada materi pokok segitiga kelas VII semester 2 SMP Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501264 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain