Skripsi
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Media Alat Peraga.Suatu penelitian tindakan kelas materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Ampelgading tahun pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif, alat peraga, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Kesulitan dalam memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media alat peraga :
- Meningkatkan respon peserta didik dalam aktivitas pembelajaran sehingga dapat tercapai kompetensi yang diharapkan.
- Sekurang-kurangnya 80% perolehan hasil belajar diatas KKM yang telah ditentukan.
- Mengatasi dan mengurangi kejenuhan dan kebosanan peserta didik dalam pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media alat peraga. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, di dalam tiap siklus terdapat langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 2 Ampelgading yang berjumlah 40 peserta didik.
Berdasarkan analisis data terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari 72,19% menjadi 73,89%, peningkatan hasil belajar peserta didik yang sebelumnya rata-rata 66,15 menjadi rata-rata 73,53 dan adanya peningkatan respon positif terhadap model pembelajaran kooperatif dengan alat peraga dari 67,45% menjadi 80,33% peserta didik pilih menyenangkan.Proses belajar mengajar melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
1711500148 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain