Skripsi
Hubungan Antara Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012 - 2013
Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Rank Spearman.
Berdasarkan hasil pengolahan data secara statistik deskriptif di atas dapat diketahui bahwa lingkungan belajar yang termasuk kategori buruk sekali sebesar 3 atau 5 %, kategori buruk sebesar 2 atau 3 %, kategori sedang sebesar 17 atau 28 %, kategori baik sebesar 31 atau 52 % dan kategori baik sekali sebesar 7 atau 12 %. Dengan demikian, secara umum dapat dinyatakan bahwa lingkungan belajar siswa kelas XI IPS SMAN 5 Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013 adalah baik. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rs atau rsxy sebesar 0,619. Nilai rsxy sebesar 0,619 lalu diintepretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600 – 0,799. Hal itu artinya hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa tergolong kuat. Hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa bersifat positif artinya hubungan lingkungan belajar merupakan indikator peningkatan maupun penurunan prestasi belajar siswa.
1308500505 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain