Skripsi
Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group dalam Peningkatan Konsep Diri Peserta Didik pada Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci: Layanan bimbingan kelompok, teknik peer group, dan konsep diri.
Konsep diri (self consept) merupakan suatu bagian yang penting dalam setiap pembicaraan tentang kepribadian manusia. Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia, sehingga dapat digunakan untuk membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dalam meningkatkan konsep diri peserta didik pada kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian berjumlah 327 peserta didik dengan sampel sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian analisis deskriptif pada variabel X menunjukkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group tergolong dalam kategori sedang yaitu 51,43%. Sedangkan analisis deskriptif variabel Y menunjukkan tingkat konsep diri peserta didik tergolong dalam kategori sedang yaitu 34,29%. Dari data tersebut kemudian dilakukan analisis statistik korelasi untuk menguji hipotesis. Berdasarkan analisis statistik korelasi diperoleh rxy sebesar 0,401 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 35 taraf signifikasi 5% = 0,334, maka rxy > rtabel, 0,401 > 0,334 yang berarti hipotesis kerja (Ha) diterima.
Simpulan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap peningkatan konsep diri pada kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal 2011/2012. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan kelompok disesuaikan dengan masalah peserta didik salah satunya dengan teknik peer group.
1108500895 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain