Skripsi
Pola Interaksi Verbal [I-T/I-T-B] terhadap Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2009/2010
Kata Kunci : Pola Interaksi Verbal (I-T/I-T-B), Keefektifan Pembelajaran.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pola interaksi verbal [I-T/I-T-B] terhadap keefektifan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pola interaksi verbal [I-T/I-T-B] dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Warureja, mendeskripsikan keefektifan interaksi verbal [I-T/I-T-B] dalam pembelajaran.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dan sampel di SMP Negeri 1 Warureja yang berjumlah 80 siswa menggunakan rumus Taro Yamane. Variabel pengumpulan data X variabel bebas yaitu pola interaksi verbal, Y variabel terikat adalah pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, dokumentasi, dan observasi. Uji instrumen penelitian adalah validitas dan realibititas. Analisis datanya menggunakan product moment.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh positif dan signifikan efektifitas pembelajaran Bahasa Indonesia rxy = 0,816, r tabel 5% dengan N = 30 sama dengan 0,361, sehingga korelasinya sangat signifikan.
Simpulan yang diperoleh adalah pola interaksi verbal [I-T/I-T-B] ternyata berpengaruh sangat signifikan terhadap keefektifan pembelajaran Bahasa Indonesia. Saran yang digunakan dalam pola interaksi verbal [I-T/I-T-B] dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberikan berbagai latihan yang berorientasi pada kemampuan berbicara siswa.
1506500644 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain