Skripsi
Keefektifan Metode Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK PGRI Kota Tegal pada Pokok Bahasan Logika Matematika, Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Keefektifan, Metode Snowball Throwing, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk : membuktikan bahwa metode pembelajaran Snowball throwing lebih efektif terhadap prestasi belajar peserta didik dibandingkan metode ekspositori pada pokok bahasan logika matematika peserta didik kelas XI semester II SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah kelas XI semester II Tahun pelajaran 2011/2012 di SMK PGRI Kota Tegal dengan jumlah 156 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara random dengan kelas sebagai unit samplingnya. Diambil 2 kelas secara random dari 4 kelas yang ada, dimana masing – masing kelas ada 38 siswa. Kelas yang diambil adalah kelas AP 2 sebagai kelas eksperimen (dengan Metode Snowball Throwing) dan kelas Ak 1 sebagai kelas kontrol (dengan Metode Ekspositori). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 38 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji-t
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Metode snowball throwing lebih efektif dari metode ekspositori. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar
1708501314 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain