Skripsi
Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Mina tpada materi pokok Geometri Dimensi Dua pada siswa kelas XI semester 1 SMK PGRI 2 Taman Pemalang
Kata Kunci : Pengaruh, Pendekatan Kontekstual, Minat, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran matematika pada materi pokok Geometri Dimensi Dua dengan metode kontekstual dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap Geometri Dimensi Dua serta dapat menyelesaikan soal latihan dengan baik dan benar.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2011/2012, kelas Ak1 32 siswa dan Ap1 34 siswa menggunakan metode kontekstual, kelas Ak2 34 siswa dan Ap2 34 siswa menggunakan metode konvensional. Data dalam penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, angket dan metode tes. Data dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama, angket digunakan untuk mengukur kemampuan minat siswa. Adapun analisis varians bagi klasifikasi dua arah dengan interaksi uji F.
Dari data yang didapat maka akan dilakukan penelitian antara siswa yang mempunyai minat tinggi dengan siswa yang mempunyai minat rendah dan metode konvensional siswa dengan minat tinggi dengan siswa yang mempunyai minat rendah.
Hasil penelitian ini didapatkan pengajaran dengan metode Kontekstual menghasilkan prestasi lebih baik dibandingkan dengan metode Konvensional pada materi pokok Geometri Dimensi Dua.
Dari hasil analisis maka disimpulkan bahwa pengajaran dengan metode kontekstual menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional, dan siswa yang mempunyai minat belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah.
1707501069 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain