Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Elaborasi Terhadap Prestasi dan Sikap Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Materi Pokok Segitiga pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Elaborasi, Prestasi, Sikap Belajar Matematika.
Penerapan Model Pembelajaran Elaborasi dimana melibatkan Peserta Didik sepenuhnya. Dalam pembelajaran ini Peserta Didik dituntut untuk lebih aktif dalam mengembangkan sikap dan pengetahuannya tentang matematika sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga memberikan prestasi belajar yang lebih bermakna pada Peserta Didik. Dengan Model Pembelajaran Elaborasi, Peserta Didik memberikan ide tambahan berdasarkan materi yang sudah diketahui sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk membuktikan adanya perbedaan prestasi dan sikap belajar matematika Peserta Didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Margasari kecamatan Margasari kabupaten Tegal antara yang diajar dengan Model Pembelajaran Elaborasi dan strategi pembelajaran Konvensional. (2) Untuk membuktikan apakah prestasi dan sikap belajar matematika Peserta Didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Margasari kecamatan Margasari kabupaten Tegal yang diajar dengan model pembelajaran Elaborasi lebih efektif dari pada yang menggunakan model pembelajaran Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Margasari Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, sebanyak 284 Peserta Didik yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 108 Peserta Didik yaitu diperoleh dari kelas VII H, VII E, dan VII D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis multivariate (MANOVA) dan dilanjutkan dengan uji T2-Hotteling, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Barllet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan prestasi dan sikap belajar Peserta Didik yang diberi Model Pembelajaran elaborasi dengan Peserta Didik yang diberi pembelajaran Konvensional pada Peserta Didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2011 materi pokok segitiga. (2) Model Pembelajaran elaborasi lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan prestasi dan sikap belajar pada Peserta Didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 materi pokok segitiga.
1708501244 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain