Skripsi
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO PADA MATERI POKOK LINGKARAN TERHADAP AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata kunci : Efektifan, Strategi pembelajaran aktif tipe the power of two, Aktifitas, Hasil Belajar.
Penelitian di SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang kelas VIII semester II pada materi pokok lingkaran tahun pelajaran 2011/2012 ini bertujuan untuk mendapatkan informasi : (1) apakah ada perbedaaan aktifitas belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) apakah aktifitas belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang dengan jumlah 280 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII B dan E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A dan C sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dengan uji analisis ragam multivariate (One-Way Manova) dan dilanjutkan dengan uji (T^2-) ́ Hotelling. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian di SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang kelas VIII semester II pada materi pokok lingkaran tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaaan aktifitas belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) aktifitas belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional.
1708501319 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain