Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Peserta Didik Kelas VIII Semester I SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci : Model Pembelajaran Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematika, Hasil Belajar.
Penelitian pada peserta didik kelas VIII semester I SMP Negeri 17 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013 pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bertujuan untuk mengetahui apakah model Quantum Learning lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar peserta didik kelas VIII semester I SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII semester I SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data nama peserta didik dan nilai UTS matematika kelas VIII semester I menggunakan dokumentasi dan teknik pengumpulan data kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Analisis uji hipotesis menggunakan uji Manova dan uji T2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning lebih efektif daripada konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar matematika.
1708501328 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain