Skripsi
Kemampuan Siswa dalam Memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Studi Eksplorasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP N 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Kata Kunci:, kriteria ketuntasan minimal, kemampuan siswa, studi Eksplorasi.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran bahasa Indonesia?, (2) bagaimanakah nilai prestasi siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna pada mata pelajaran bahasa Indonesia ?, (3)Bagaimanakah media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna?
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) Untuk mengetahui nilai prestasi siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) Untuk memenuhi media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 3 Adiwerna.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 40 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan KKM di SMP Negeri 3 Adiwerna dilaksanakan dengan baik. Guru menyusun KKM dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Kemampuan siswa dalam memenuhi KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia cukup tinggi ditandai dengan nilai siswa 92 % memenuhi KKM dan media pembelajaran yang digunakan adalah media slide dan media power point. Kedua media tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 3 Adiwerna.
01508500943 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain