Skripsi
Keefektifan Metode Quantum Teaching terhadap Pemahaman dan Penghayatan Teks Drama berdasarkan Unsur Instrinsik pada Peserta Didik Kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang, Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : metode quantum teaching, teks drama, unsur intrinsik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Quantum Teaching efektif terhadap pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik pada peserta didik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Metode quantum teaching efektif digunakan dalam pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik pada peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang, Brebes tahun pelajaran 2012/2013”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah yang berjumlah 270 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil 15% dari seluruh populasi dengan menggunakan random sampling sehingga diperoleh sampel sebesar 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas (quantum teaching) dan variabel terikat (pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik). Analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena pendekatan ini lebih memberikan makna dalam hubungannya dengan penafsiran angka statistik bukan makna secara kebahasaan. Dari data yang diperoleh diketahui deskripsi data antara kelompok I (ekperimen) dengan nilai rata-rata (mean) = 6,85; median = 6,75 dan modus 6,5 sedangkan deskripsi data kelompok II (kontrol) dengan nilai rata-rata (mean) = 6,20; median = 6,25 dan modus 6,5. Kemudian data tersebut dianalisis dengan Uji-t sehingga diperoleh thitung sebesar 2,497. Dengan derajat kebebasan (dk) = 20 + 20 - 2 = 38, dan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,021 yang berarti thitung > ttabel (2,497 > 2,021) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode quantum teaching efektif digunakan dalam pemahaman dan penghayatan teks drama berdasarkan unsur instrinsik pada peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang, Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru lebih arif dan bijaksana dalam memilih metode-metode pengajaran serta lebih kreatif agar memotivasi peserta didik dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu dengan penggunaan model pembelajaran quantum teaching.
1508501065 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain