Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI KERJASAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci: Metode Menyimak, Cerita Pendek, kerjasama.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan metode menyimak cerita pendek melalui kerjasama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen.
Penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk memberi hubungan sebab akibat (hubungan kualitas) antara dua faktor yang ditimbulkan oleh penulis dengan mengurangi faktor-faktor lain yang dapat mengganggu. Penelitian ini dimaksudkan apakah metode menyimak cerita pendek efektif dalam pembelajaran melalui kerjasama. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas pertama (E) berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua (F) berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random Sampling, pengambilan sampel secara acak yaitu kelas VIII E sejumlah 35 siswa eksperimen dan kelas VIII F 35 siswa kontrol. Penelitian ini menggunakan dua variabel uji/eksperimen: yaitu metode menyimak cerita pendek dan variabel kontrol: melalui kerjasama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan kolerasi uji t-non independen dan uji t-independen, setelah rasio t diperoleh, selanjutnya membandingkan rasio t tersebut dengan nilai t table dan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengajaran metode menyimak cerita pendek melalui kerjasama. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 108,5 ternyata lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% 2,00. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kerjasama sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan nilai setelah penggunaan metode kerjasama .
1508500983 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain