Skripsi
DAMPAK PELAYANAN PUBLIK TERHADAP INDEK KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI PUSKESMAS BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah menilai dampak dari kualitas pelayanan publik yang dilakukan terhadap kepuasan, yang diukur dengan menggunakan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Banjardawa Kabupaten Pemalang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Banjardawa kepada publik/ masyarakat.
2. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Banjardawa.
3. Untuk mengetahui dampak pelayanan publik terhadap Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) di Pukesmas Banjardawa.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian yang bersifat deskriptif maksudnya bertujuan untuk menggambarkan dampak dari kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Puskesmas Banjardawa terhadap kepuasan publik/ masyarakat dan faktor-faktor apa saja dari Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) yang berdampak positif atau negatif di Puskesmas Banjardawa Kabupaten Pemalang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analsis data yang dipergunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat deskriptif, yaitu analisis data yang menggunakan penggambaran atas gejala dan kondisi yang ada yang dapat diwujudkan dalam keterangan-keterangan sesuai keadaan yang sebenarnya peneliti lakukan di lapangan.
Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Puskesmas Banjardawa menurut masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan dianggap sudah baik dan sudah memuaskan, namun demikian pelayanan publik yang dilakukan oleh Puskesmas Banjardawa secara keseluruhan belum memberikan dampak positif terhadap kepuasan masyarakat. Diantaranya; tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, keamanan pelayanan, kecepatan pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan, persyaratan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas serta kewajaran biaya pelayanan..
Saran untuk penelitian ini agar dilakukan penelitain lebih lanjut tentang upaya-upaya meningkatkan pelayanan publik di bidang kesehatan sehingga dapat memberikan dampak yang positif pada kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Palayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Indek Kepuasan Masyarakat
2110500098 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain