Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT BINA UMMAT BREBES
Hubungan Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Bina Ummat Brebes.Skripsi.Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk Islami terhadap kepuasan nasabah BMT Bina Ummat Brebes.
Hipotesis dalam Penelitian ini adalah, diduga terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk Islami terhadap kepuasan nasabah BMT Bina Ummat Brebes.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi Rank Spearman, Uji Hipotesis Korelasi Rank Spearman, AnalisisKoefisien Determinasi
Berdasarkan hasil perhitungan Korelasi Rank Spearman Variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan Kepuasan pelanggan (Y) diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,517. Hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan antara Kualitas Pelayanan (X1) dengan Kepuasan pelanggan (Y) BMT Bina Ummat tergolong sedang. Untuk menguji signifikansi hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan digunakan uji signifikansi koefisien korelasi. Pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig 0,000. yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan Korelasi Rank Spearman VariabelAtribut Produk Islam (X2) dengan Kepuasan pelanggan (Y) dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,455. Hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan antara Atribut Produk Islam (X2) dengan Kepuasan pelanggan (Y) BMT Bina Ummat tergolong sedang.Untuk menguji signifikansi hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan digunakan uji signifikansi koefisien korelasi. Pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai sig 0,000. yang berarti ada hubungan yang signifikan antara antara antara Atribut Produk Islam dengan kepuasan pelanggan. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi secara simultan diperoleh hasil 47,3 %. Hal itu dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan dan atribus produk Islam memberikan kontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 47,3 % dan sisanya 52,7 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan
04111500134 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain