Skripsi
PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN ASIA WARNA LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL
Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Inovasi Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan percetakan Asia Warna Lebaksiu Kabupaten Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2013.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan 2) untuk mengetahui pengaruh biaya inovasi produk terhadap peningkatan volume penjualan Pada Percetakan Asia Warna Lebaksiu Kabupaten Tegal, dan 3) untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya inovasi produk terhadap peningkatan volume penjualan Pada Percetakan Asia Warna Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda, uji simultan, pengujian parsial dan koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa Nilai a (konstanta) sebesar Rp. 14.748.164,43 dapat diartikan bahwa jika tidak ada biaya promosi dan biaya inovasi produk maka volume penjualan sebesar Rp. 14.748.164,43. Koefisien regresi X1 sebesar 27,877 dan bertanda negatif, menyatakan bahwa setiap pengurangan Rp. 1,- biaya promosi akan menurunkan volume penjualan sebesar Rp. 27,877. Koefisien regresi X2 sebesar 41,380 dan bertanda positif, menyatakan bahwa setiap penambahan Rp. 1,- biaya inovasi produk diharapkan akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 41,380. Dari hasil perhitungan uji simultan diketahui nilai signifikansi 0,007 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi (X1) dan biaya inovasi produk (X2) secara bersama-sama terhadap volume penjualan.Berdasarkan hasil analisis uji parsial antara variabel biaya promosi terhadap volume penjualan diperoleh nilai sig = 0,048 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan, sedangkan hasil analisis uji parsial antara variabel biaya inovasi produk terhadap volume penjualan diperoleh nilai sig = 0,034 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara biaya inovasi produk terhadap volume penjualan di percetakan Asia Warna Kabupaten Tegal. Dari hasil perhitungan uji koefisien determinasi sebesar 0,993. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,993 tersebut mengandung arti bahwa biaya promosi dan biaya inovasi produk memberikan kontribusi secara bersama-sama kepada volume penjualan di Percetakan Asia Warna sebesar 99,3 % dan sisanya 0,7 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
.
4108502842 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain