Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN Liquit Crystal Display (LCD) PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SEMESTER 1 SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Media LCD Proyektor dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah Prestasi Belajar Ekonomi dari Siswa SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan Media LCD Proyektor lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media LCD Proyektor?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana dan sejauh mana penggunaan media LCD Proyektor pada SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 260 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa adalah 260, kemudian diambil 90 siswa untuk sampel yang terdiri dari kelas X2 sebanyak 45 siswa untuk kelas kontrol dan kelas X3 sebanyak 45 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen dapat diperoleh skor tes adalah 3.230, dan rata-rata skor tes mencapai 71,78, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol dapat diperoleh skor tes adalah 2.965, dan rata-rata skor tes mencapai 65,89. Dari hasil perhitungan t-tes diketahui angka perolehan nilai thitung = 3,116. Nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel, dengan taraf signifikan sebesar 5% maka ttabel = 1,987 ternyata hasil thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa rerata skor prestasi belajar siswa SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang yang diberi perlakuan media pembelajaran LCD Proyektor lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional.. Dengan penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor dalam proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat lebih semangat dan lebih aktif dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi.
1308500499 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain