Skripsi
Efektivitas Metode Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Gasal di MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci: Metode Diskusi dan Prestasi Belajar.
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Sejauhmana prestasi belajar siswa kels IX pada pembelajaran IPS Ekonomi semester gasal dengan menggunakan metode diskusi MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang Efektivitas Metode Diskusi terhadap prestasi Belajar Siswa Kelas IX semester gasal di MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya, dan ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang ditelitidan data yang dikumpulkan.
Sebagai populasi ialah seluruh siswa kelas IX MTs As-Syamsuriyyah Jagalempeni Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 siswa, dan 39 siswa sebagai sampelnya dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan anaisi suji-t, suatu tes statistic memungkinkan untuk membandingkan dua skor rata-rata untuk menentukan probabilitas (peluang) bahwa perbedaan dua skor rata-rata merupakan perbedaan yang nyata bukan perbedaan yang terjadi secara kebetulan.
Pengolahan data dilakukan secara statistic dengan menggunakan rumus uji-t diketemukan bahwat hitung= 6,014 dengan derajat kebebasan (df) 39+39-2=76 dan tingkat signifikan ( ) 5% dan t tabel 1,991. Ini berarti bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel (6,014>1,991). Ini berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Diskusi lebih efektif dalam meningkatkan motivasi pada siswa.
Dengan melihat adanya perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan meto dediskusi dengan siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metodekon vensional, maka guru hendaknya lebih memperhatikan penggunaan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini disarankan untuk lebih menggunakan konsep dan untuk mengaktifkan siswa dalam proses belajar.
1308500510 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain