Skripsi
Manfaat Penyusunan Tempat Duduk Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajarn Ekonomi Kelas X SMA AL-IRSYAD Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Penyusunan Tempat Duduk, Prestasi Belajar
Penyusunan tempat duduk tradisional kurang sesuai diterapkan pada siswa dengan latar belakang siswa yang bervariasi. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran, penyusunan tempat duduk model huruf U dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X Sma AL-Irsyad Tegal Tahun pelajaran 2011/2012 Semester 1 dengan menggunakan Penyusunan tempat duduk huruf U dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan kajian teori, kerangka berpikir, hipotesis penelitian maka dapat dirumuskan sebagai berikut : Manfaat Penyususnan Tempat duduk memiliki pengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran..
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Sma AL-Irsyad Tegal yang berjumlah 124 siswa dan diambil sampel sebanyak 52 siswa terbagi 2 kelompok,kelompok eksperimen dan kelompok control. sebagai kelompok penelitian. teknik pengambilan sampel yaitu dengan mengambil dua kelas dan diberi nomor urut. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi.
Hasil perhitungan uji-t (t-test) sebesar 2,217 pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan posisi tempat duduk siswa, dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA AL-Irsyad Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
1308500522 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain