Skripsi
Studi Komparasi Status Sekolah Menengah Pertama (SMP) Asal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Motivasi belajar dan prestasi belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar, prestasi belajar. Adakah Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi belajar, prestasi belajar, dan apakah ada Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 200 peserta didik, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling denga alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah motivasi belajar (variabel bebas) dan prestasi belajar peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Crobach. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,737. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.737 > 0.312. artinya Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas X di SMK Bhakti Praja Talang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajarn ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta didik dengan adanya motivasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar, bagi guru mata pelajar hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru supaya pengawasan secara periodic.
1308500527 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain