Skripsi
PENGARUH INTENSITAS MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS XI SMK PGRI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata Kunci: Intensitas Membaca Buku Perpustakaan, Prestasi Belajar Siswa.
Permasalahan inti dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca buku perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah kelas XI terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 221, dari jumlah tersebut diambil 20% dari 221 siswa yaitu 44 siswa dijadikan sampel dalam penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh nama populasi dari kelas XI semua jurusan dan keseluruhan populasi diambil sebanyak 44 siswa secara acak untuk diambil datanya.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknikan alisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana.
Hasil analisis data diperoleh persamaan Y=55,556+0,406 X. Uji regresi diperoleh t hitung = 3,404 > t tabel = 2,692 taraf signifikansi sebesar 99%. Maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini diantaranya adalah kepada guru diharapkan untuk memberikan motivasi, arahan dan bimbingan agar siswa meningkatkan kebiasaan membaca buku perpustakaan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk siswa disarankan agar sering membaca buku perpustakaan sekolah sehingga menambah wawasan dan pengetahuan siswa.
1308500577 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain