Skripsi
PELAKSANAAN PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI BREBES TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Pendidikan Kewarganegaraan menuntut siswa agar menunjukkan sikap yang baik, kreatif, dan bertanggungjawab. Banyak model pembelajaran yang dapat dipilih untuk meningkatkan kreativitas maupun tanggungjawab siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Kooperatif tipe Jigsaw, di mana siswa dituntut untuk bekerja sama dan bertanggungjawab sampai akhir proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktifitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap mata pelajaran PKn pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Brebes?.(2) Bagaimana cara mengatasi kendala atau hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang di terapkan pada siswa kelas VII SMP PGRI Brebes?.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari responden, informan, dokumentasi dari lokasi penelitian. Teknik penentuan responden menggunakan “purposive sample” yaitu diambil sesuai dengan fokus kajian yang dapat memberikan informasi setuntas mungkin dengan tidak mementingkan jumlahnya. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP PGRI Brebes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran PKN dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Brebes belum optimal karena keterbatasan waktu yang tersedia dalam pelaksanaan pembelajaran PKn, dan terlambatnya materi pelajaran yang di sampaikan. Aktifitas siswa dalam pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sudah cukup baik hal ini di buktikan dengan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru harus lebih sering melakukan aktifitas belajar didalam kelas dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw agar siswa lebih menguasai materi yang telah di sampaikan, sifat yang kritis dalam diskusi dan lebih mandiri dalam belajar.
1208500766 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain