Skripsi
UPAYA PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PKn DALAM MENINGKATKAN MORAL SISWA KELAS VI DI MI INFARUL KHOTOYA DESA TEGALGANDU KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Pendidikan kewarganegaraan sebagai salah satu mata pelajaran yang memuat pendidikan moral memiliki tugas untuk menjadikan anak manusia bermoral baik dan manusiawi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya pemahaman pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam meningkatkan moral pada siswa kelas VI di MI Infarul Khotoya Tegalgandu Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012?”
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian berasal dari responden, informan, dokumentasi dan lokasi penelitian. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample yaitu diambil sesuai dengan fokus kajian yang dapat memberi informasi setuntas mungkin dengan tidak mementingkan jumlahnya. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya pemahaman pembelajaran PKn sudah sudah dilaksanakan dengan baik di MI Infarul Khotoya Tegalgandu. karena proses belajar mengajar pada pelajaran PKn, guru menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Sedangkan dalam hal peningkatan moral siswa siswa Kelas VI di MI Infarul Khotoya Desa Tegalgandu Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012 juga sudah baik, hal tersebut dapat dibuktikan dari suasana sekolah yang Islami dan mencerminkan sikap-sikap yang Islami juga. Sikap dan perilaku sopan siswa tidak hanya kepada guru atau kepala sekolah, dengan teman sekelas, adik kelas dan lingkungan sekolah juga terlihat baik.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini diharapkan guru mata pelajaran PKn dapat mengupayakan pemahaman pembelajaran PKn agar moral siswa moral siswa dapat ditingkatkan, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru.
1208500732 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain