Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PELAJARAN PKn MATERI MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas VII A MTs Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2012 /
Seharusnya dalam melaksanakan pembelajaran, hendaknya guru mempersiapkan dan merancang rencana pembelajaran yang relevan, pendekatan yang digunakan harus disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi siswa, media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai yaitu semua siswa dapat mencapai KKM dalam setiap pembelajarannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah dengan strategi pembelajaran aktif model Everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VII A MTs Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang pada pembelajaran PKn Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan RI Siswa?.
Sedangkan Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas VII MTs Salafiyah Karangtengah pada pembelajaran PKn Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan RI dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif model Everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif.
Hasil penelitian pada kelas VII A MTs Salafiyah Karangtengah dengan menggunakan Strategi pembelajaran Aktif model Everyone is a teacher here, menunjukkan peningkatan hasil belajar untuk setiap siklusnya hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Peningkatan hasil belajar pada dapat dilihat dari skor rata-rata perolehan nilai siswa yaitu pada siklus I dari rata-rata skor tes awal 64,1 menjadi 67,2, dan pada siklus II dari rata-rata skor tes awal 67,4 menjadi 76,9, Dengan menggunakan Strategi pembelajaran Aktif model Everyone is a teacher here peserta didik menjadi lebih aktif karena dituntut untuk menguasai, memahami dan mendiskusikan hasil pengamatannya. Dengan demikian dengan menerapkan Strategi pembelajaran Aktif model Everyone is a teacher here hasil belajar dan aktifitas siswa dapat ditingkatkan dari tahap pra siklus sampai dengan tahap siklus II.
1210500136 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain