Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PKN DI MTS AL-QUDDUSUS SALAM DESA MULYOHARJO KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Pembelajaran kolaboratif adanya usaha saling berbagi pengetahuan sehingga terjadi interaksi dua arah dalam hal pengetahuan. Guru mempunyai pengetahuan vital tentang materi pelajaran, keterampilan dan pengajaran, serta hanya memberikan informasi tersebut kepada para siswa. Guru yang menggunakan pembelajaran kolaboratif juga menilai dan mengembangkan pengetahuan, mengembangkan pengalaman pribadi, bahasa, strategi, dan budaya yang mereka bawa dalam situasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis terhadap kinerjanya sendiri agar mampu memperbaiki pembelajaran di kelasnya secara profesional di MTs Al-Quddusus Salam Desa Mulyoharjo Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2012 / 2013.
Populasi penelitian ini adalah Siswa MTs AL-Quddusus Salam kelas VIII sebanyak 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus kegiatan. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data yang digunakan adalah butir soal tes (ulangan harian), lembar pengamatan serta tabel. Butir soal ulangan harian yang berupa beberapa pertanyaan digunakan untuk mengukur kemampuan dan memahami materi, sedangkan lembar pengamatan yang digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan pesrta didik serta kualitas cara penyampaian ceramah dan dialog atau diskusi kelompok
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada Siklus I diperoleh nilai aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran aktif dari 39 peserta didik . 10 peserta didik kurang aktif, 15 peserta didik cukup aktif, 13 peserta didik aktif dan 1 peserta didik sangat aktif. Pada siklus II diperoleh nilai aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran aktif dari 39 peserta didik. 24 peserta didik mendapatkan nilai cukup, 13 peserta didik aktif dan 2 peserta didik sangat aktif. Prestasi beajar peserta didik semakin meningkat dengan menggunakan metode kolaboratif mendapatkan nilai rata-rata sebelum perbaikan 68,7% pada siklus I 83,9% dan 86% setelah siklus II
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu metode menyampaikan mata pelajaran kewarganegaraan dengan kolaboratif di dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs AL-Quddusus Salam Desa Mulyoharjo Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2012-2013, peserta didik cenderung aktif dalam menyampaikan atau mengungkapkan pendapat di depan teman-temananya dan aktif mengikuti belajar dan pembelajaran.
1208500725 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain