Skripsi
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAK AZASI MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. ASY-SYAFI’IYYAH JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Teknik pemberian tugas atau resitasi biasanya digunakan dengan tujuan agar peserta didik memiliki hasil belajar yang lebih mantap, karena peserta didik melaksanakan latihan-latihan selama mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan pemahaman pendidikan kewarganegaraan materi Hak Azasi Manusia pada peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 250 peserta didik yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII.A, VII.B, VII.C, VII.D, VII.E, dan VII.F.. Sampel diambil sebesar 20% dari populasi yang ada yaitu 250 peserta didik. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 peserta didik yaitu 25 peserta didik sebagai kelompok ekspereimen dan 25 peserta didik sebagai kelompok kontrol Variabel yang digunakan ada dua yaitu variabel bebas (metode pemberian tugas) dan variabel terikat (peningkatan pemahaman PKn materi Hak Asasi Manusia). Analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari data yang diperoleh diketahui deskripsi data antara kelompok I (ekperimen) dengan nilai rata-rata (mean) = 77,080, modus = 77 dan median = 77 dan 83 sedangkan deskripsi data kelompok II (kontrol) dengan nilai rata-rata (mean) = 67,840, median = 67 dan modus = 67 dan 77. Kemudian data tersebut dianalisis dengan Uji-t sehingga diperoleh thitung sebesar 2,656. Dengan derajat kebebasan (dk) = 25 + 25 - 2 = 48, dan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,000. Berarti thitung > ttabel (2,000 > 2,656). Maka dapat disimpukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pemberian tugas dengan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan metode pemberian tugas terhadap peningkatkan pemahaman pendidikan kewarganegaraan materi Hak Azasi Manusia pada peserta didik kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan guru hendaknya lebih arif dan bijaksana dalam memilih metode-metode pengajaran serta lebih kreatif guna memotivasi dalam proses belajar mengajar di kelas salah satunya dengan penerapan metode pemberian tugas.
1208500733 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain