Skripsi
INTEGRASI NILAI MORAL PANCASILA KE DALAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA PESERTA DIDIK SEMESTER 1 SMK DARUL FALAH DUKUH PALEM PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Pendidikan kecakapan hidup bukan merupakan sesuatu hal baru dalam pendidikan Indonesia, namun yang baru adalah kesadaran bahwa pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup perlu terus ditingkatkan intensitas dan efektifitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai moral Pancasila ke dalam Pendidikan Kecakapan Hidup pada peserta didik SMK Darul Falah Dukuh Pelem Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013.
Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, lokasi penelitian ini adalah SMK Darul Falah Dukuh Pelem Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Juli - Oktober 2012. Dalam penelitian ini, alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer adalah guru dan siswa, data yang berhasil dikumpulkan berwujud data kualitatif, diantaranya adalah pemberian predikat sesuai dengan hasil pengamatan terhadap sikap siswa, serta hasil tes skala sikap.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai moral Pancasila pada peserta didik terdapat dalam mata pelajaran PKn dan diajarkan oleh guru PKn kepada peserta didik. Dari penjelasan peserta didik tentang nilai-nilai moral Pancasila dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik memahami nilai-nilai moral Pancasila. Sedangkan Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) diupayakan dengan penerapan manajemen berbasis sekolah dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program. Integrasi nilai moral Pancasila ke dalam Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) Peserta didik SMK Darul Falah Dukuh Pelem Pruwatan, ada pada diri peserta didik terlihat dari perlilaku dan cara menangani masalah, peserta didik tidak lepas dari nilai moral Pancasila seperti: cara hidup bersosialisasi, kerjasama dalam menyelesaikan tugas, musyawarah mufakat, dan menghargai pendapat orang lain.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu nilai moral Pancasila sudah terintegrasi ke dalam Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill) Peserta didik SMK Darul Falah Dukuh Pelem Pruwatan, Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang dapat penulis sampaikan agar upaya pengembangan life skill yang terintegrasi pada nilai moral Pancasila, maka diperlukan upaya kerjasama dari seluruh guru bidang studi dalam mengidentifikasi kecakapan hidup yang termuat pada kegiatan belajar mengajar yang diselengggarakan.
01210500134 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain