Skripsi
HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MENYULITKAN DAN YANG MEMUDAHKAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PESAREAN KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Adakah hubungan yang signifikan antara faktor-faktor yang menyulitkan dan memudahkan penyesuian diri dengan kemampuan penyesuaiandiri peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Muhamadiyah Pesarean Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2011-2012.
Tujuannya untuk mengetahui, Faktor-faktor apa saja yang menyulitkan dan memudahkan penyesuian diri, kemampuan penyesuaian diri, dan Apakah ada hubungan yang signifakan Faktor-faktor yang menyulitkan dan memudahkan penyesuian diri dengan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Muhamadiyah Pesarean Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2011-2012.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Kabupaten Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 28 peserta didik, semuanya dijadikan subyek penelitian/studi populasi. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan Hasil perhitunganrhitung (korelasi rxy) sebesar 0.960 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 28 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,374 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,960> 0,374). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka simpulannya “Ada hubungan yang signifikan antara Faktor-faktor yang menyulitkan dan yang memudahkan penyesuian diri dengan kemampuan penyesuaian diripeserta didik kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran Kepala sekolah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam faktor-faktor yang menyulitkan dan yang memudahkan dalam penyesuaian diri.
1106500249 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain