Skripsi
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBAGA 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Peserta didik antara yang satu dengan yang lain mempunyai tingkat kepercayaan diri yang bebeda-beda,sehingga di perlukan perhatian dalam pemberian bimbingan. Pengaruh kepercayaan diri di sesuaikan dengan keterbatasan peserta didik. Bimbingan kepercayaan diri yang di maksud adalah bimbingan pribadi terhadap peserta didik yang kurang percaya diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) bentuk pelaksanaan layanan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sumbaga 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, 2) interaksi sosial peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sumbaga 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, 3) pengaruh kepercayaan diri terhadap interaksi sosial peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sumbaga 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif,desain penelitian dengan metode deskriftif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sumbaga 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner,dokumentasi dan wawancara.
Dari hasil analisis data diketahui pelaksanaan kepercayaan diri pada peserta didik dalam kategori baik sebanyak 26 peserta didik (84,1%). Sedangkan interaksi sosial peserta didik dalam kategori cukup baik sebanyak 7 peserta didik (76,1%). Pengaruh kepercayaan diri terhadap interaksi sosial peserta didik di lihat dari perhitungan korelasi product moment diperoleh hitung = 0,701. Dikonsultasikan dengan r tabel dengan TS 5% N = 33 diperoleh r table = 0,344 dan r tabel dengan TS 1% N = 33 diperoleh tabel 0,442. Dengan demikian r hitung > r tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya hipotesis kerja diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial peserta didik kelas VI SD Negeri Sumbaga 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012" diterima
Saran : Hendaknya guru pembimbing dapat meningkatkan layanan sehingga meningkatkan kepercayaan diri peserta didik yang diikuti meningkatkan interaksi sosial. Pihak sekolah bersama peserta didik meningkatkan kegiatan sekolah yang positif.
110901348 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain