Skripsi
EFEKTIVITAS BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Namun kenyataannya yang terjadi di SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes ada sebagian peserta didik mengalami penurunan prestasi pada beberapa nilai mata pelajaran oleh karena itu diperlukan bimbingan pribadi sebagai wahana pemahaman nilai-nilai positif bagi peserta didik, khususnya dalam mengatasi kesulitan belajar. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Larangan kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012 melalui layanan bimbingan pribadi.
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir, pada penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: Terdapat efektivitas Bimbingan Pribadi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 320 peserta didik. Sampelnya secara proportional cluster random sampling sebanyak 40 peserta didik atau 13% dari populasi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan product moment dan analisis deskriptif secara prosentase. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rxy (rhitung) 0,950, dengan rtabel pada taraf signifikasi 5% N 40 sebesar 0,312. Besarnya rhitung daripada rtabel (0,950 > 0,312). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dan hasil analisis deskriptif dari variabel X (Efektivitas Bimbingan Pribadi) tergolong kriteria sangat tinggi sejumlah 14 peserta didik dengan prosentase 35%, dan variabel Y (Kesulitan Belajar) adalah tergolong sangat rendah sejumlah 19 peserta didik dengan prosentase 47,5%.
Dengan demikian simpulannya bahwa layanan bimbingan pribadi efektif sebagai upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Saran yang penulis ajukan hendaknya para guru pembimbing dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan pribadi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan memotivasi peserta didik agar memanfaatkan layanan bimbingan pribadi sebagai tempat untuk mengatasi kesulitan belajar.
1109501393 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain