Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Peserta Didik, Bagaimana Pengembangan Konsep Diri Positif Peserta Didik, dan Apakah Pelaksanaan Layanan Konseling kelompok Efektif dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Peserta Didik, Tingkat Pengembangan Konsep Diri Positif Peserta Didik dan Apakah Layanan Konseling Kelompok Dipandang Efektif dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 200 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 40 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah Konseling Kelompok (variabel bebas) dan Konsep Diri Positif (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menemukan rxy sebesar 0,572 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 40 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,312, maka rxy > rtabel atau 0,571 > 0,312 yang berarti hipotesis nihil (Ho) dinyatakan Ditolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Layanan Konseling Kelompok Sangat Efektif Dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” dinyatakan Diterima. Didukung data layanan konseling kelompok secara berurutan ditemukan dalam kategori kurang sebanyak 2 peserta didik, kategori cukup sebanyak 9 peserta didik, kategori tinggi sebanyak 17 peserta didik, dan kategori sangat tinggi sebanyak 11 peserta didik. Sedangkan tingkat konsep diri positif dalam kategori kurang sebanyak 6 peserta didik, kategori cukup sebanyak 6 peserta didik, kategori tinggi sebanyak 10 peserta didik, dan kategori sangat tinggi sebanyak 18 peserta didik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru pembimbing dalam melakukan kegiatan layanan konseling kelompok, dengan memanfaatkan jam bimbingan dan konseling dikelas seefektif mungkin untuk membantu membentuk konsep diri yang positif peserta didik.
1107500578 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain