Skripsi
PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH ISLAM TERPADU MI LUQMAN AL HAKIM KALISAPU SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Karakter berasal dari kata Yunani, Charassein / karasso yang berarti mengukir sehingga terbentuk sebuah pola atau membuat cetakan. Karakter merupakan pola pikir, pola sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan. Sedangakan Pendidikan Islam bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training” tetapi lebih merupakan suatu sistem yang ditata di atas pondasi keimanan dan kesalehan, sesuatu sistem yang terkait secara langsung dengan Tuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter dalam perspektif pendidikan Islam di SIT MI Luqman Al Hakim tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah 553 peserta didik yang terdiri dari 16 kelas, dengan sampel berjumlah 55 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif secara logis.
Keberadaan pembentukan karakter di SIT MI Luqman Al Hakim bertujuan agar peserta didik kelak terbentuk menjadi masyarak madani yaitu masyarakat yang membina hubungan baik diantara sesama dan memiliki kemampuan untuk membangun bangsa dan negara. Pelaksanaanya dengan cara memantau tingkah laku peserta didik sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah. Adanya teguran, bimbingan, arahan serta sanksi dari guru kepada peserta didik yang melakukan perilaku yang buruk. Adanya perubahan yang dirasakan oleh guru, orang tua murid, masyarakat serta peserta positif setelah pelaksanaan pembentukan karakter.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat proses pembentukan karakter dalam perspektif pendidikan Islam yang efektif di SIT MI Luqman Al Hakim desa Kalisapu kecamatan Slawi kabupaten Tegal. Saran dari penulis hendaknya guru lebih intens labih dalam memonitoring karakter peserta didik.
1109501346 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain