Skripsi
STUDI TERHADAP PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR PADA PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui layanan bimbingan karir di SMA PGRI 2 Comal; 2) Untuk mengetahui pengembangan diri pada peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal; 3) untuk mengetahui seberapa besar peran layanan bimbingan karir terhadap pengembangan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 108 siswa yang terdiri dari 3 kelas tiap kelasnya terdiri dari kurang lebih 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proporsional randong sampling.. Sampel yang diambil sebesar 20% dari populasi sebanyak 21 siswa.. Variabel yang digunakan ada 2, yaitu: variabel bebas; adalah layanan bimbingan karir (X), dan variabel terikat adalah pengembangan diri peserta didik (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi dengan wawancara sebagai metode pendukung. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Dengan metode analisis deskriptif dapat diketahui tingkat layanan bimbingan karir di SMA PGRI 2 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria sangat tinggi yaitu 33,33% dan tingkat pengembangan diri peserta didik di SMA PGRI 2 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kriteria sangat tinggi yaitu 33,33%. Dengan analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,517 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 21 taraf signifikasi 5% = 0,433, maka rxy > rtabel, 0,517 > 0,433 yang berarti pelaksanaan layanan bimbingan karir berperan secara signifikan pada pengembangan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima. Besarnya peran layanan bimbingan karir pada pengembangan diri peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 adalah 26,73% sedangkan 73,27% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah jika layanan bimbingan karir dilaksanakan dengan baik maka pengembangan diri peserta didik secara otomatis akan lebih baik. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan pelaksanaan bimbinngan karir disekolah dapat ditingkatkan agar dapat menumbuhkan pengembangan diri pada diri peserta didik dalam berkarir menuju masa depan yang diharapkan.
1108500957 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain