Skripsi
PENGGUNAAN PENDEKATAN RASIONAL EMOSIONAL BEHAVIORAL TERAPI (REBT) UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MENCONTEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Perilaku mencontek bagi peserta didik amat tidak terpuji bila dilakukan. Permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana Penggunaan Pendekatan Rasional Emosional Behavioral Terapi (REBT) untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui penggunaan pendekatan tersebut agar perilaku mencontek berkurang di sekolah itu.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 240 peserta didik, secara claster quota random sampling diambil sebesar 20 % sehingga ditetapkan sampel sejumlah 48 peserta didik. Variabel penelitian adalah Penggunaan Pendekatan Rasional Emosional Behavioral Terapi (REBT) sebagai variabel bebas dan Perilaku Mencontek yang dilakukan peserta didik sebagai variabel terikat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpilan data berupa angket, wawancara (interview) dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini rumus yang digunakan perhitungan korelasi dan teknik analisis data yaitu product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,637 jika dibandingkan dengan rtabel taraf signifikasi 5 % dengan N = 48 diperoleh harga rtabel sebesar 0,284 maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya terdapat pengaruh Penggunaan Pendekatan Rasional Emosional Behavioral Terapi (REBT) untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran bagi peserta didik memahami bahwa perilaku mencontek tidak baik, dan bagi guru BK lebih aktif dan kreatif dalam Penggunaan Pendekatan Rasional Emosional Behavioral Terapi (REBT) untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Peserta Didik.
01108500993 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain