Skripsi
DAMPAK KONSELING RELIGIUS TERHADAP PERILAKU SANTUN DALAM BERTINDAK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI MODEL BABAKAN KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Perilaku santun merupakan refleksi dari nilai-nilai moral, etika dan akhlak yang bersumber dari ajaran agama dan adat kebiasaan (budaya), yang diwujudkan dalam berbahasa maupun bertindak dalam pergaulan sosial. Guna menciptakan perilaku santun dalam bertindak perlu adanya layanan bimbingan dan konseling yang sesuai. Tujuan penelitian ingin mengetahui apakah konseling religius berdampak positif terhadap perilaku santun dalam bertindak peserta didik.
Populasi dalam penelitian sebanyak 441 peserta didik yang terdiri dari 11 kelas.dengan sampel penelitian 43 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini yaitu konseling religius sebagai variabel bebas dan perilaku santun dalam bertindak peserta didik sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk menguji instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas sperman brown. Guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian pada variabel X diketahui layanan konseling religius termasuk dalam kategori sedang, terbukti dari 43 responden yang menjadi sampel penelitian paling banyak mendapat skor antara 67-71 sebanyak 15 peserta didik (34,88%). Untuk variabel Y diketahui perilaku santun dalam bertindak perserta didik termasuk dalam kategori cukup, terbukti dari 43 responden yang menjadi sampel penelitian paling banyak mendapat skor antara 69-72 sebanyak 11 peserta didik (25,58%). Hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,405 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 43 taraf signifikasi 5% = 0,301, maka rxy > rtabel, 0,405 > 0,301 yang berarti hipotesis kerja (Ha) diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adala ada dampak positif layanan konseling religius terhadap perilaku santun dalam bertindak peserta didik kelas VII MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran dari penulis diharapkan sekolah perlu mengevaluasi pelaksanaan layanan konseling kelompok guna mewujudkan suasana sekolah yang kondusif dengan peserta didik yang berperilaku santun dalam bertindak.
1108500889 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain