Skripsi
MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 02 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Percaya diri merupakan salah satu kunci kesuksesan hidup individu, karena tanpa adanya rasa percaya diri, individu tidak akan sukses dalam berinteraksi dengan orang lain. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang dipandang tepat dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan percaya diri adalah melalui layanan konseling kelompok. Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui peran layanan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri 02 Margasari berjumlah 252 peserta didik dengan sampel penelitian 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji terlebih dahulu, uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian pada variabel X menunjukkan layanan konseling kelompok tergolong dalam kategori tinggi atau baik, terbukti dari 25 peserta didik yang menjadi sampel penelitian yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (4%), kategori rendah sebanyak 6 peserta didik (24%), kategori cukup sebanyak 3 peserta didik (12%), kategori sedang sebanyak 5 peserta didik (20%), kategori tinggi 9 peserta didik (36%), dan kategori sangat tinggi 1 peserta didik (4%). Sedangkan pada variabel Y menunjukkan rasa percaya diri peserta didik dalam kategori tinggi atau baik, terbukti dari 25 peserta didik yang menjadi sampel penelitian yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (8%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (16%), kategori cukup sebanyak 6 peserta didik (24%), kategori sedang sebanyak 5 peserta didik (20%), dan kategori tinggi 8 peserta didik (32%). Dari data tersebut diperoleh diperoleh rxy sebesar 0,530 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 25 taraf signifikasi 5% = 0,396, maka rxy > rtabel, 0,530 > 0,396 yang berarti hipotesis kerja (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan layanan konseling kelompok berperan dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Margasari tahun pelajaran 2012/2013. Dari kesimpulan tersebut dapat penulis sampaikan saran diharapkan sekolah memperhatikan percaya diri peserta didik karena percaya diri merupakan faktor penting dalam berinteraksi dengan orang lain, guna meningkatkan rasa percaya diri guru pembimbing dapat menggunakan layanan konseling kelompok.
01108501018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain