Skripsi
Pengaruh perilaku konsumtif terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMK 1 Muhamadiyah Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif dan Konsep diri
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku konsumtif?, konsep diri, Bagaimana perilaku konsumtif terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMK 1 Muhamadiyah Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013.
Tujuannya adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif?, konsep diri, Bagaimana perilaku konsumtif terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMK 1 Muhamadiyah Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi berjumlah 200 peserta didik, sampel sejumlah 40 peserta didik, teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi dan dilakukan dengan menggunakan undian. Data dikumpulkan menggunakan alat berupa angket Teknik analisis data menggunakan product moment, dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan perolehan korelasi sebesar 0,921 sedang harga r tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar 0,339 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel (0,921 › 0,339), juga terhadap taraf signifikan 5% serta taraf signifikan 5% sebesar 0,339 sehingga diketahui harga r hitung > r tabel ( 0,921 › 0,339). Besarnya sumbangan atau kontribusi perilaku konsumtif?, konsep diri, Bagaimana perilaku konsumtif terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMK 1 Muhamadiyah Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013 adalah r xy 0,921 x 100 % = 92,1% sedangkan sisanya sebesar 7,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh perilaku konsumtif terhadap konsep diri peserta didik kelas XI SMK 1 Muhamadiyah Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Saran bagi peserta didik dapat Kepala sekolah selalu memantau segala perilaku peserta didik guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam konsep diri. Bagi guru mata pelajar hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK supaya memberikan layanan bimbingan konseling secara periodik. Bagi peserta didik yang menjadi responden diharapkan dengan perilaku konsumtif dapat dijadikan indikator supaya memperbaiki konsep diri.
1111500245 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain