Skripsi
Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik dan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi peserta didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP N 2 Songgom sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pengaruh Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling terhadap persepsi peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui persepsi peserta didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling SMP N 2 Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013, Mengetahui Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling SMP N 2 Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013, dan Mengetahui pengaruh persepsi peserta didik terhadap Pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP N 2 Songgom Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Populasi penelitian adalah kelas VIII berjumlah 318 peserta didik, Untuk sampel penelitian ditetapkan 16% dari 318 peserta didik, diperoleh 50 peserta didik dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode angket sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase dan pearson product moment. Data utama penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket yang sebelumnya angket di uji cobakan pada peserta didik kelas VIII SMP N 3 Songgom Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan hasil seluruh item adalah valid dan reliable.
Dari hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Persepsi peserta didik terhadap Pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 Songgom Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,763, rtable = 0,361 dengan taraf signifikan 1% menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.763 > 0.361.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu : Kepada guru Bimbingan dan konseling (BK) disekolah dalam memberikan layanan tetap menjaga mutu layanan, sehingga dapat mempertahankan persepsi peserta didik yang positif, dan meningkatkan wawasan terhadap ilmu pengetahuan (body of knowledge) tentang bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik. Bagi peserta didik bias memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling melalaui pemberian informasi baik pribadi, belajar maupun karier.
1108500870 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain