Skripsi
Persepsi Peserta Didik Terhadap Kegiatan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif Pada Kelas V MI Al Hidayah Gembongkulon Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci :persepsi peserta didik, kegiatan bimbingan dan konseling
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa persepsi peserta didik merupakan informasi keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Persepsi peserta didik dapat digunakan sebagai masukan dalam upaya perbaikan terhadap pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling berikutnya. Oleh karena itu bagaimana persepsi peserta didik merupakan gambaran kinerja guru BK dan informasi yang penting bagi peningkatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Permasalahan skripsi ini adalah bagaimana persepsi peserta didik terhadap kegiatan bimbingan dan konseling pada kelas V MI Al Hidayah Gembongkulon Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana persepsi peserta didik terhadap kegiatan bimbingan dan konseling pada kelas V MI Al Hidayah Gembongkulon Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif., yaitu membuat suatu uraian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari objek yang diteliti kemudian menggabungkan hubungan antar variabel yang terlibat di dalamnya
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al Hidayah Gembongkulon Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 30 dengan total populasi adalah 30 peserta didik. Teknik Pengumpulan yang digunakan adalah angket atau kuesioner, observasi, interview / wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan uji statistik.
Hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Persepsi peserta didik kelas V terhadap kegiatan bimbingan dan konseling di MI AL Hidayah Gembongkulon Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,780, rtable = 0,361 dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.780 > 0.361 yang artinya Ha yang di ajukan diterima.
Saran penelitian yang diberikan adalah agar sekolah dalam hal ini guru bimbingan dan konseling berusaha untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling yang lebih baik serta maksimal agar persepsi positif peserta didik terjaga dengan baik dan menjadi motivasi bagi guru BK dalam meningkatkan kinerjanya.
1108500897 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain