Skripsi
Pengembangan Kecerdasan Emosional melalui Layanan Orientasi dengan Teknik Permainan Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Layanan Orientasi dengan Teknik Permainan
Penelitian ini dilatar belakangi pada tujuan SMA, peserta didik diharapkan dapat mencapai keberhasilan dari sistem pembelajaran baik dari Intelligence Quetion (IQ) maupun Emotional Question (EQ). Dalam realita pendidikan dimana sistem pemberian layanan pembelajaran lebih mengarah pada kecerdasan intelektual (IQ) bukan melainkan kecerdasan emosional (EQ), sehingga kematangan terhadap keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan pendidikan kurang maksimal karena kecerdasan intelektual tidak berjalan seiring kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik, Masalah utama pada penelitian ini tentang Bagaimana Pengembangan Kecerdasan Emosional melalui Layanan Orientasi dengan Tehnik Permainan Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan emosional.
Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional, dilakukan terhadap 160 peserta didik. Dari populasi tersebut terpilih 40 sampel yang ditentukan melalui prosedur Random sampling. Data dikumpulkan dengan angket tertutup yang mengungkap Pengembangan Kecerdasan Emosional melalui Layanan Orientasi dengan Teknik Permainan, berbantuan dengan interview dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, dengan analisis data menggunakan korelasi product moment.
Berdasarkan analisis data diperoleh kategori cukup sebanyak 13 peserta didik (32,5%), Kondisi tersebut menunjukkan bahwa kualitas kecerdasan emosional peserta didik pada sampel penelitian tergolong dalam kriteria cukup, sedangkan layanan orientasi dengan teknik permainan dalam kategori tinggi sebanyak 12 peserta didik (30%), Kondisi tersebut menunjukkan kriteria Tinggi. Berdasarkan analisis data diperoleh rxy sebesar 0,663 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga rtabel sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan rxy> rtabel = 0,663 > 0,312. Ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Disarankan agar kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik lebih di kembangkan lagi, salah satu langkah yang bisa lakukan yaitu melalui layanan orientasi dengan teknik permainan, sehingga kecerdasan emosi peserta didik dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
1108500911 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain