Skripsi
Faktor-faktor Determinan dalam Penyelesaian Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Faktor-faktor Determinan, Perilaku Membolos
Penelitian ini mengetengahkan pokok masalah perilaku membolos peserta didik yang disebabkan oleh faktor-faktor determinan pada peserta didik kelas VIII SMP N 3 Bantarbolang Tahun pelajaran 2011/2012.
Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang sejumlah 320 peserta didik, dan sampel sejumlah 40 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, wawancara, dan observasi serta dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis perbedaan, analisis deskriptif prosentase digunakan untuk mengetahui tingkat perilaku membolos peserta didik,perilaku membolos peserta didik setelah diketahui faktor-faktor determinannya dan diberikan bimbingan oleh guru BK dapat dipersepsikan sebagai berikut terdapat 7 peserta didik (17,5%) yang memiliki perilaku membolos yang sangat rendah, terdapat 13 peserta didik (32,5%) yang memiliki tingkat perilaku membolos yang rendah, terdapat 9 peserta didik (22,5%) yang memiliki tingkat perilaku membolos yang cukup, terdapat 10 peserta didik (25%) peserta didik yang memiliki tingkat perilaku membolos yang tinggi, terdapat 1 peserta didik (2,5%) yang memiliki tingkat perilaku membolos yang sangat tinggi. Perubahan perilaku membolos peserta didik pada dasarnya telah mengalami pengembangan ke arah yang lebih positif setelah diketahui faktor-faktor determinan perilaku membolos.
Dari hasil perhitungan analisis perbedaan yang menggunakan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 7,783. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan derajat kebebasan N-1 atau 40-1=39, dimana diperoleh ttabel = 2.093. Ternyata perolehan thitung dan ttabel menunjukan perbedaan yang signifikan yaitu thitung = 7,783 > ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis dalam peneltian ini diterima, bahwa terdapat perubahan yang positif setelah mengetahui faktor-faktor determinan dalam penyelesaian perilaku membolos peserta didik kelas VIII SMP N 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun pelajaran 2011/2012.
Disarankan agar Bagi Kepala sekolah dan guru pembimbing serta wali kelas hendaknya selalu memantau kedisiplinan peserta didiknya di sekolah, dan membuat peraturan yang ketat, agar peserta didik tidak sering membolos, dan memberikan layanan bimbingan konseling agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
1108500867 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain